Memasang Libreoffice di Komputer Linux dan Windows

Instal libreoffice pada komputer linux dan windows- Libreoffice sebagai aplikasi perkantoran yang bersifat gratis dapat di instal pada berbagai sistem operasi termasuk linux dan windows. Bahkan beberapa distro linux menyertakan libreoffice sebagai aplikasi perkantoran standard-nya.

Memasang Libreoffice di Komputer Linux dan Windows

Instal Libreoffice Pada Sistem Operasi Linux dan Windows


Linux


Linux sendiri adalah sistem operasi sumber terbuka yang bisa kita dapatkan gratis dengan megunduh file installer-nya di situs internet setiap distro linux. Linux memiliki banyak distro yang bisa kita pilih dengan karakteristik yang berbeda-beda. Sistem operasi ini perlu ada di komputer Anda dan bisa berjalan berdampingan dengan windows secara baik (dual boot).

Bila dalam distro linux sudah menyertakan paket aplikasi libreoffice, maka kita tidak perlu memasang atu menginstal-nya lagi pada sistem komputer, kita hanya perlu mengupdate dan mengupgrade versi terbaru dari libreoffice. Buka terminal linux [ ctrl+alt+t ] lalu ketik perintah teks berikut ini :

sudo apt-get update
sudo apt-get install libreoffice

Atau tambahkan ppa:libreoffice kedalam sistem :

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install libreoffice

Selain menggunakan terminal linux, libreoffice juga dapat di instal secara manual atau offline dengan mengunduh paket file installer-nya pada situs libreoffice, terdapat du jenis paket file yaitu versi fresh dan still ( stabil ). Untuk mendapatkan versi terbaru libreoffice pilih yang fresh, sedangkan versi still merupakan Versi libreoffice yang sudah melalui tahap perbaikan dan kesalahan dari bug sistem hingga menjadi tingkat stabil. Versi stabil biasanya setingkat lebih lama dari versi fresh dan ditujukan bagi mereka yang menginginkan apliksi perkantoran liberoffice yang stabil dan tanpa error, bug maupun kesalahan sistem.

Setelah mengunduh paket file installer libreoffice, ektrak file tersebut pada direktori komputer linux, lalu instal dengan cara sebagai berikut :

  • Masuk ke tempat file .deb melalui terminal ( Klik kanan pilih buka di terminal ) atau menggunakan perintah cd ~/nama_folder misalnya cd ~/debs
  • Jalankan perintah sudo dpkg -i *.deb
  • Tes libreoffice dengan mengetikan libreoffice seharusnya libreoffice akan terbuka
  • Buka MENU-PERKANTORAN bila terdapat ikon libreoffice, berarti kita telah sukses memasang libreoffice pada sistem.

Windows


Pengguna sistem operasi widows tentu lebih akrab dengan MS Office. Aplikasi perkantoran standard windows ini memang memiliki fiture yang lengkap, namun tidak gratis dan harganya cukup mahal untuk full fiturenya. Munculnya Libreoffice sebagai kelanjutan dari Openoffice dapat menggantikan tempat utama dari MS Office sebaga aplikasi perkantoran windows. 

Untuk memasang atau instal libreoffice pada sistem operasi windows caranya cukup mudah, sama dengan cara instalasi aplikasi windows lainnya. Download file installer libreofice, lalu klik file .exe yang ada dalam paket file installer libreoffice.

Libreoffice juga tersedia dalam versi portable, jadi kita tidak perlu memasangnya pada sistem komputer tinggal menggunakannya saja.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan libreoffice? Yang pasti aplikasi gratis ini tidak kalah dengan MS Office windows.


Menghapus atau Unisntal Libreoffice


Linux 


Bila ingin menghapus libreoffice dari sistem komputer linux, lakukan dengan cara sebagai berikut :

Untuk pemasangan secara online :

#Melalui Terminal Linux

sudo apt-get remove --purge libreoffice

#Melalui MENU

Klik kanan pada ikon libreoffice lalu pilih "uninstal" */Untuk linux mint/ubuntu/*

Untuk pemasangan secara offline :

#Melalui Terminal Linux

sudo dpkg -P libreoffice

#Melalui MENU

Klik kanan pada ikon libreoffice lalu pilih "uninstal" */Untuk linux mint/ubuntu/*

Gunakan aplikasi Ubuntu-tweak untuk membersihkan sisa file paket libreoffice yang telah kita hapus tadi.

Windows


Bila ternyata kita tidak ingin menggunakan libreoffice pada sistem opersai windows, kita dapat menghapusnya dengan mudah melalui kontrol panel windows. Meskipun banyak terdapat aplikasi office yang dapat kita unduh di internet yang bersifat gratis misalnya apache openoffice,abiword,kingsoft office dan lain-lainnya, namun dari beberapa aplikasi office tersebut libreoffice adalah pilihan terbaik karena memiliki fiture yang lengkap, tampilan menarik dan akan terus dikembangkan oleh para pengembang masyarakat libreoffice. 


Penutup


Libreoffice sangat cocok digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer. Mulai dari anak sekolahan, pekerja kantoran, usaha jasa ketik, pendidik, mahasiswa dan para pekerja profesional. 

Kalau boleh saya bilang nih, Libreoffice memang saingan terberatnya MS Office sebagai aplikasi perkantoran yang paling populer. Untuk sekedar menulis teks surat tentu tidak perlu membayar mahal bukan, apalagi menulis artikel, karya tulis, membuat diagram dan lain sebagainya, tentu libreoffice bisa kita andalkan dalam hal urus-mengurus tugas seputar perkantoran.

Sampai disini dulu ya sobat, selanjutnya mari kita belajar bersama-sama menggunakan libreoffice dengan baik dan benar. Sekian dan terima kasih.
First