Formatting Toolbars LibreOffice Writer

Formatting Toolbars LibreOffice - Salah satu Toolbars utama pada LibreOffice Writer adalah Formatting Toolbars. Penggunaan Toolbars dengan baik sangat membantu pengguna LibreOffice dalam membuat suatu dokumen, meskipun baru pertama menggunakan aplikasi perkantoran ini, namun Anda tidak perlu khawatir akan menghadapi kesulitan saat menggunakannya. Karena, Toolbars di LibreOffice mudah untuk digunakan dan simbol-simbol didalam Toolbars mudah diingat dan sebagian simbol mungkin sudah sering kita jumpai di aplikasi Office lainnya. 

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan dengan Toolbars Formatting? Saya coba uraikan satu-persatu tiap bagian fungsi pada Toolbars Formatting.

Forrmatting Toolbar LibreOffice Writer

Formatting Toolbars LibreOffice Writer


Formatting Toolbars secara otomatis sudah aktif bersama dengan Standard Toolbars. Bila ternyata belum aktif atau secara tidak sengaja tertutup, kita dapat mengaktifkannya kembali melalui :

MENU-VIEW-TOOLBARS-PILIH TOOLBARS

Setelah Toolbars Formatting terbuka ( aktif ),  setidaknya ada sepuluh (10 ) jenis Formatting yang dapat kita lakukan pada dokumen LibreOffice Writer.

A. Style dan Formatting Penulisan


1. Default Style
2. Text Body
3. Quotation
4. Title
5. Subtitle
6. Heading 1
7. Heading 2
8. Heading 3
9. Dan seterusnya

Untuk melihat Style dan Formatting penulisan secara lengkap, klik pada tombol more style. Silahkan pilih jenis style penulisan yang dikehendaki. Klik atau seleksi tulisan yang dikehendaki lalu klik jenis style dan formatting pada menu gulir Toolbar Formatting atau klik dua kali nama style dan formatting yang akan digunakan pada jendela Style dan Formatting. 

B. Memilih Jenis Font atau Font-Family


Setelan standard LibreOffice Writer menggunakan jenis font Liberation Serif. Klik pada menu gulir pemilihan font di Toolbars Formatting untuk memilih jenis font yang diinginkan.

C. Ukuran Font atau Font-Size


Ukuran font standard adalah 12 , kita bisa mengganti ukuran font untuk judul, sub judul, text body, header atau yang lainnya dengan ukuran sesuai keinginan. Agar terlihat rapi, gunakan ukuran font sesuai aturan, terutama dalam pembuatan surat atau dokumen yang bersifat resmi.

D. Bold, Italic, Underline, Strikethrough, Superscript, Subscript dan Shadow


Penebalan, miring, garis bawah, garis tengah, mengecil diatas [ HG ], mengecil dibawah [ HG ] dan bayangan pada tulisan atau huruf dapat kita lakukan melalui tombol masing-masing fungsi yang terdapat di Toolbar Formatting.
Setiap tombol tersebut berbentuk huruf [ a ] atau A kecil dalam bentuk yang bervariasi sesuai dengan fungsinya masing-masing.

E. Font Color dan Highlighting


Mewarnai dan menyorot huruf atau tulisan dapat dilakukan dengan mudah melalui Toolbars Formatting. Ikon fungsi font volor berbentuk huruf A kecil [ a ] dengan simbol warna dibawahnya. Sedangkan ikon Highlighting atau penyorot berbentuk seperti alat penyorot “stabilo” dengan simbol warna dibawahnya.

F. Perataan Kiri, Tengah, Kanan dan Tanpa Perataan


Fungsi ini digunakan untuk menentukan jenis perataan teks dokumen LibreOffice Writer. Ikon fungsi perataan berbentuk garis dengan panjang dan pendek sesuai fungsi masing-masing misalnya : Perataan kiri ( garis rata di sebelah kiri ),  Perataan kanan ( garis rata di sebelah kanan ), Perataan tengah ( garis merata di tengah ) dan tanpa perataan ( garis merata di setiap bagian ). Bentuk ini sesuai dengan bentuk teks dalam dokumen yang menggunakan perataan tersebut.

G. Line Spacing


Jarak antar baris dalam dokumen dapat kita tentukan dengan mengatur jarak tersebut melalui pengaturan jarak spasi line spacing pada LibreOffice. Jarak antar baris bukan merupakan jarak antar paragraf, jadi keduanya merupakan bagian yang terpisah. Berikut tipe jarak antar baris yang biasa kita gunakan.

  1. Spacing : 1 atau single ( Tipe standard yang digunakan LibreOffice pada pengaturan jarak antar baris = 1 baris )
  2. Spacing : 1.5 ( Tipe pengaturan jarak antar baris dengan nilai 1.5 baris )
  3. Spacing : 2 atau Double ( Tipe pengaturan jarak antar baris dengan nilai 2 baris atau istilah lainnya adalah dobel )
  4. Proportional ( Tipe pengaturan jarak antar baris dalam persen '%', misalnya : 1 baris = 100%, 2 baris = 200% )
  5. At least ( Tipe pengaturan jarak antar baris dengan memasukan nilai minimum jarak tersebut dalam satuan tertentu misalnya : Cm, mm dll )
  6. Leading ( Tipe pengaturan jarak antar baris, dimana kita dapat mengatur jarak antara dua baris dasar yang berurutan dengan nilai tertentu.  )
  7. Fixed ( Tipe pengaturan jarak antar baris dengan nilai tertentu secara tepat )
Pada Toolbars Formatting, line spacing berupa ikon dengan gambar anak panah ke atas – bawah dan garis sejajar. Kita dapat memilih jenis line spacing pada menu gulir tombol ini.

I. Bullet dan  Numbering


Bullet dan Numbering ( Penomoran ) adalah salah satu fasilitas LibreOffice untuk membuat tanda bullet dan nomor yang biasanya digunakan pada kalimat dengan kriteria tertentu sebagai bentuk pengelompokan terhadap kalimat tersebut. 

Pada Toolbars Formatting, kita dapat membuat bullet dan numbering melalui ikon dengan tampilan berupa bullet dan nomor. Penggunaanya mudah saja, cukup klik pada ikon tersebut untuk menampilkan bullet dan penomoran pada dokumen.

J. Increase Indent dan Decrease Indent


Pada Toolbars Formatting LibreOffice Writer, Increase dan Decrease Indent dapat kita lakukan melalui tombol dengan ikon berupa garis lurus sejajar dengan anak panah di tengah kiri garis tersebut. Increase dan Decrease Indent digunakan untuk membuat lekuk atau jarak sebuah paragraf dari tepi dokumen dengan nilai jarak sebesar atau sama disaat kita menakan tombol TAB.

K. Left to Right dan Right to Left


Bila kita ingin menulis sebuah kalimat yang di awali dari sisi kiri ke kanan, kita dapat menggunakan tombol Right to Left, misalnya : Menulis huruf Arab. Untuk mengembalikan seperti semula, klik tombol Left to Right.

Penutup


Demikian penggunaan Toolbars Formatting di LibreOffice Writer secara umum. Penggunaan format teks secara langsung ( direct formatting )  dapat kita hilangankan sebelum menambahkan style dan formatting karakter dengan cara klik kanan lalu pilih Clear Direct Formatting. Direct Formatting adalah penggunaan format teks tanpa menggunakan style, misalnya mengatur ketebalan teks dengan klik ikon bold pada Toolbar LibreOffice Writer.