Komponen LibreOffice : Writer, Calc, Impress, Base, Draw dan Math

Komponen Libreoffice : Writer, Calc, Impress, Base, Draw dan Math- Libreoffice memiliki enam komponen yang semuanya dapat kita pakai secara gratis dan merupakan produk asli dari libreoffice. Tiga komponen yang sudah akrab dan sering kita pakai di saat mengerjakan tugas sekolah, kuliah atau dalam mengerjakan laporan pekerjaan adalah Writer , Calc dan Impress. Bila kita sering menggunakan MS Offfice, ketiga komponen tersebut mirip dengan word, exel dan power point.

Libreoffice memiliki format file asli berupa ODF ( Open Document Format ). Libreoffice juga dapat membuka dan menyimpan file dalam berbagai format termasuk format dari MS Office dan format pdf.


Komponen - Komponen Libreoffice


Writer ( Word Processor )


Writer bila diartikan dalam bahasa indonesia memiliki makna "penulis" , seperti saya ini :), tapi dalam aplikasi komputer writer lebih  memiliki makna sebagai aplikasi pengolah kata atau aplikasi untuk menulis kata. Tak perlu mempersoalkan artinya apa, yang penting intinya bila kita ingin menulis buku, novel, cerpen, skripsi, surat menyurat dan apa saja yang berhubungan dengan menulis, writer bisa kita andalkan sebagai aplikasi terbaik pengolah kata. Hmm, masih bagusan MS Office apa LibreOffice ya? 

Meski namanya writer, bukan berarti kita hanya bisa menulis kata saja, melainkan kita juga dapat menyisipkan gambar ke dalam halaman dokumen writer. Writer juga dapat menyimpan file dalam format HTML, XHTML,XML dan PDF ( Portable Document Format ). Writer juga dapat dihubungkan dengan e-mail client untuk melakukan aktivitas surat menyurat melalui media online.

Calc ( Spreedsheet )


Bila dalam MS Office kita mengenal aplikasi "exel", maka dalam libreoffice aplikasi serupa dan memang sangat mirip dengan exel adalah Calc. Aplikasi ini digunakan untuk membuat lembar kerja dalam bentuk "cell". Fiture yang dimiliki calc sangat banyak, mulai dari tabel, rumus fungsi , diagram, dan banyak lagi. Yang pasti calc sangat power full sebagai aplikasi pengganti exel.

Format standard calc adalah ODF dan dan mendukung untuk format lainnya seperti : exel, CSV, HTML, XML Spreedsheet dll.
Rumus fungsi dalam Calc mungkin sedikit berbeda dengan exel, namun tetap memiliki strukture yang sama.

Impress ( Presentation )


Masih ingat saat kita bicara di depan kelas, forum, ujian tugas akhir, ujian / seminar / sidang skripsi , tentu kita akan berbicara mengenai tugas yang telah  kita kerjakan sebelumnya. Hal ini sering kita sebut dengan "presentasi" yang dapat menggambarkan kualitas kita dalam menyampaikan sesuatu di depan khalayak umum, pendidik, pembimbing dan masyarakat luas.

Aplikasi Impress akan membantu kita dalam memperlihatkan screenshot atau gambaran singkat mengenai apa yang akan kita sampaikan dalam presentasi tersebut. Impress mirip dengan power point dalam MS Office dan cara menggunakannya-pun sama. 

Draw ( Grafik Vektor )


Aplikasi ini lebih mirip dengan aplikasi untuk membuat gambar grafik vektor, seperti corel draw, namun memiliki fiture yang terbatas. Draw dapat membuat gambar diagram alir dengan tampilan 3D. Kita juga dapat meng-impor berkas gambar ke dalam draw dengan berbagai format misalnya : png, jpg, jpeg, dll.
Setelah selesai membuat gambar diagram vektor, kita dapat menyimpannya dalam berbagai format yang kita inginkan. Draw menyediakan format penyimpanan sebanyak 20 jenis format file.

Banyak perlengkapan yang tersedia pada draw untuk membuat objek gambar vektor. Mulai dari garis, anak panah, box, lingkaran, kurva, ellipse dan lain - lainnya. Draw juga menyediakan "gallery font" dengan berbagai macam gaya font yang menarik.

Base (Data Base)


Base merupakan komponen libreoffice yang digunakan untuk basis data relasional yang serupa dengan Microsoft Access. LibreOffice Base memungkinkan pembuatan dan pengaturan basis data, penyusunan formulir dan laporan untuk kemudahan dalam akses data. Sama seperti Access, Base dapat digunakan sebagai basis data kecil yang tertanam "embedded", yang tersimpan dalam berkas dokumen (menggunakan HSQLDB berbasis-Java sebagai mesin penyimpanannya), dan untuk pekerjaan yang lebih berat dapat juga digunakan sebagai suatu front-end untuk berbagai sistem basis data, termasuk basis data Access (JET), sumber data ODBC/JDBC, dan MySQL, MariaDB, PostgreSQL atau Microsoft Access.

Math ( Formula Editor )


Math merupakan komponen libreoffice yang digunakan untuk membuat dan menyunting formula matematika. Program ini menggunakan varian dari XML untuk membuat formula sebagaimana yang ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga dapat disertakan ke dokumen lain dalam paket aplikasi LibreOffice (seperti yang dibuat dengan Writer atau Calc) dengan cara mencantumkannya ke dalam dokumen tersebut.

Penutup


Menggunakan semua komponen libreoffice  akan memudahkan kita dalam membuat dokumen, lembar kerja, grafik dan data base. Kehadiran libreoffice jelas sangat membantu dalam pengerjaan tugas-tugas seputar perkantoran, terutama bagi mereka yang tidak menggunakan apliaksi MS Office. Terima Kasih dan salam LIBREOFFCE.